Tasik Konsumtif?

Tiga bulan terakhir ini saya banyak menghabiskan waktu di kota kelahiran, Tasikmalaya (untuk seterusnya saya hanya akan menyebutnya Tasik). Setelah sekitar sembilan tahun saya habiskan di kota lain.

Well, saya mau bertanya, siapa yang pernah ke Kota Tasik? Sebuah kota kecil di Priangan Timur. Iya, kotanya kecil jika dilihat secara geografis. Hmm … Sebenarnya yang saya maksud adalah kota administratifnya, bukan kabupatennya. Kalau kabupaten sih, luas. Di Kota Tasik hanya ada sepuluh kecamatan. Jika yang dicari adalah laut, maka tak akan ditemukan laut di Kota Tasik ini, wong daerahnya dikelilingi daerah Kabupaten Tasik. Jika yang dicari adalah gunung, ternyata gunung yang ada di daerah Tasikmalaya masuknya ke daerah Kabupaten Tasikmalaya. Lalu apa yang bisa ditemukan di Kota Tasik?

Continue reading “Tasik Konsumtif?”

Berani Melanjutkan?

​Dua hari lalu untuk pertama kalinya saya keluar ‘kandang’ untuk jalan-jalan setelah hampir dua bulan ber’semedi’. Berkeliling menikmati kota kecil tempat saya lahir. Lama saya tidak pernah menikmati kota yang tengah tumbuh ini sedetail kemarin. Terlalu banyak waktu yang saya habiskan di tanah rantau. Saya sadar, saya telah melewati masa tumbuh kembang Kota Santri ini *bayi kalee.. 

Continue reading “Berani Melanjutkan?”

Pheromone dan Respons

“Ih, kok Ifa wangi banget ampe kecium gitu? Emang cara pake sabunnya gimana?”

Begitulah kira-kira pertanyaan adik sepupu saya yang masih kelas 4 SD ke kakaknya saat selesai mandi. Mereka mandi bersamaan di kamar mandi berbeda. Mereka memakai sabun mandi dengan merek dan varian yang sama. Lama waktu mereka mandi pun hampir bersamaan, tapi kakaknya jauh lebih tercium wangi sabunnya. How can?

Continue reading “Pheromone dan Respons”

Ada Apa dengan Baper? #eh Ada Apa dengan Rangga?

Setelah baca dan denger spoiler-spoiler dari teman dan beberapa kali mencoba mengantri untuk mendapatkan tiket film yang lagi happening banget sa-Indonesia, akhirnya, kemarin, 16 Mei 2016, saya dapat juga itu tiket. Mengantri bersama teman yang selalu tertidur setiapkali menonton di bioskop serta dedek-dedek emesh yang saya heranin kenapa tidak sekolah?? Oiya, mungkin mereka adalah anak SMP kelas 9 yang baru beres UN *positive thinking* wink
Continue reading “Ada Apa dengan Baper? #eh Ada Apa dengan Rangga?”

Menyemangati (tanpa) Kata Semangat

“Semangat, Dithaaa”
“Semoga Allaah memudahkan usahamu yaaa..”

Diantara dua kalimat itu lebih mau dikasih yang mana?

Haha.. Ini pengalaman saya pribadi sih, ketika mendapat dua kalimat itu rasanya saya lebih senang dan lebih nyentuh di hati ketika mendapat kalimat kedua. Menurut saya mungkin karena lebih kongkret. Atau mungkin kata “semangat” bagi saya pun terdengar basa-basi? Continue reading “Menyemangati (tanpa) Kata Semangat”

Wanita: Nilai dan Terdidik

image
source pict: http://www.thecultureist.com

Pernah suatu hari beberapa tahun yang lalu, seorang teman laki-laki saya, sebut saja namanya Irwan, bertanya, “Apa yang membedakan antara orang yang berpendidikan dan tidak? Dan buat apa wanita berpendidikan tinggi kalau pada akhirnya ia (akan) menjadi Ibu Rumah Tangga?” Lama saya tertegun. Pertanyaan ini bukan hanya mendorong saya untuk menemukan jawaban untuk pertanyaan teman saya itu, tapi ini pun sebagai bahan refleksi pribadi. Sebagai orang (yang merasa) terdidik, saya tertantang untuk menemukan sendiri jawabannya, setidaknya jawaban untuk saya.

Pertanyaan itu akhirnya menjadi PR pribadi saya beberapa hari. Saya pun meminta teman saya itu untuk tidak mengungkapkan pendapatnya, rasanya saya tidak mau jawaban saya sedikit-banyaknya ter-insight dari pandangannya.

Continue reading “Wanita: Nilai dan Terdidik”

Sikap dan Homoseksual

Assalamu’alaykum.

Baru saja saya kembali dikagetkan dengan sebuah berita di timeline akun media sosial. Seorang artis X menjadi tersangka pencab*lan seorang remaja laki-laki berusia 17 tahun. Artis X ini adalah laki-laki. Itu artinya artis X ini….. hmm..

image

Sumber foto: thejakartapos.com

Mendapati berita ini saya yakin isu mengenai homoseksual akan terus memanas. Entah memang jumlahnya semakin menyeruak atau memang dari dulu sudah banyak tetapi bedanya zaman sekarang banyak media yang gencar memberitakan  dan banyak pelakunya berasal dari kalangan public figure.
Continue reading “Sikap dan Homoseksual”

Terima-Kasih

Kadang kala apa yang kita dapati di luar membuat kita kembali berpikir apa yang ada di dalam. Hadeuh, belum apa-apa sudah abstrak -_-. Okay, jadi ketika di siang hari yang panas, dimana saya sedang sangat ingin facial di sebuah salon di Unit 2 (pusat kota 3 kabupaten,Tulang Bawang,Tulang Bawang Barat,dan Mesuji,-bahkan Way Kanan-), saya mendapatkan sebuah pesan singkat dari salah seorang teman kuliah saya (A). Isinya berupa permintaan tolong untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan salah satu teman lain yang juga teman kuliah (B), namun kebetulan berbeda keyakinan dengan kami. Mengagetkan memang, beruntung masker di wajah saya tidak pecah :p

Berikut salah satu screenshot yang si A kirimkan dari si B.

Screenshot.jpg

Continue reading “Terima-Kasih”

Menjaganya :)

Jeng, jeeeng.. “Fotonya kok gitu amat?”, komentarku pada salah seorang teman laki-laki ketika melihat fotonya bersama siswinya di kelas.
Dia hanya tertawa dan membalasnya dengan komentar, “Cantik, ya?”
“Iya, cantik, tapi gak perlu gayanya seperti itu, kan?”, balasku lagi.
Lagi, dia tertawa, “Kata pacarku, kayaknya dia suka sama aku, hahaa.. masa iya?”
Aku hanya menimpalinya dengan tatapan mengintimidasi, haha..

Di hari yang lain, seorang teman lain bercerita tentang siswinya kelas VI. Betapa malangnya anak itu. Ia sudah tak berayah dan ibu. Neneknya pun sudah tua dan dialah yang merawat. Suatu hari ia ulang tahun dan temanku ini memberikan surprise dan memberikan kado untuk anak itu.

Continue reading “Menjaganya :)”