#4 Aku Takut

Jatinangor sedang tidak asyik. Ulat-ulat sedang bebas beterbangan. Jatuh sekehendak hatinya. Sering terlihat seperti dedaunan kering yang berserakan.

Iya. Ada musimnya memang di Jatinangor itu musim ulat. Ulat-ulat bersemi. Mahasiswi-mahasiswi menjerit. Tapi setelah itu saya lupa bahkan tidak ingat Unpad dipenuhi kupu-kupu cantik warna-warni.

“Lagi musim ulat, ya?”, tanyanya seolah bertanya pada dirinya sendiri.

“Jangan bilang kamu takut. Cuma gengsi aja buat jerit”

“Geli iya. Takut nggaklah”

Tapi sepanjang trotoar dari Pakilun Psikologi sampai Tanjakan Cinta FKG kulihat dia sibuk masang mata yang waspada. Mungkin siaga, siapa tahu ada serangan ulat jatuh di pundak.

“Kamu takut hantu?”, tanyaku asal.

“Hantu?”

“Iya. Kata orang sih semacam pocong, genderewo, kuntilanak, tuyul, apa lagi, sih?”

“Aku belum lihat langsung. Jadinya gak takut, sih”

“Jadi kalau di depanmu tiba-tiba muncul, ada kemungkinan kamu takut, dong?”

“Hahaha.. Aku sepertinya lebih menakutkan sih”

**

Masa kuliah adalah masanya mengerjakan tugas kelompok lebih banyak. Seperti malam itu. Ada tugas kelompok yang harus aku kerjakan bersama teman-teman.

👧: Aku ada tugas kelompok di tempat Amel.

👦: Kenapa gak bilang langsung aja. “Antar aku ke tempat Amel, dong”

👧: Karena aku tahu kamu akan paham. Kan kamu cerdas.

*

“Kok keringetan?”

“Iya. Kaget aku.”

“Ada apa?”

“Gak apa-apa”

“Ya sudah kalau memang gak apa-apa. Aku gak akan maksa untuk ada apa”

*

“Nanti balik, kan?”

“Iya balik. Gak apa?”

“Ya gak apalah. Kenapa harus apa-apa?”

“Kamu ada belajar bareng sama Yudis?”

“Iya”

“Oke. Kabari kalau mau balik ya”

“Siap!”

*

Waktu menunjukkan hampir jam 11 malam. Motor kami pun melaju dari daerah GKPN (jangan tanyakan apa kepanjangannya) menuju daerah Unpad kampus, masuk lewat gerbang lama yang tahun 2008 atau 2009 masih bisa dilewati dan belum dibangun jalan Bandung-Sumedang.

Motor terus melaju memasuki kawasan kampus. Unpad sudah benar-benar sepi. Hanya ada motor kami saja. Pun dengan GOR -duh saya lupa namanya, sekarang sudah tidak ada, diganti mesjid raya Unpad-, sepi dan menambah sunyi malam itu. Malam itu bukan malam Jumat, tapi malam Selasa. 

Selepas melewati GOR dan sebelum bundaran Tanjakan Cinta..

“Kok wangi melati, ya?” Kataku sedikit berbisik. Berbicara pada diri sendiri 

Cekiiiiiittttt. Motor direm mendadak.

“Ada apa?”, aku sedikit berteriak. Kaget.

“Apa kamu tadi bilang? Wangi melati?”

“Iya. Memang kenapa?”

“Aku gak berani antar kamu.”

“Terus aku gimana?”

“Kamuuu..” Dia berhenti sejenak. Memikirkan lanjutan kata-katanya. “Naik ojek, gi-ma-na?” Ia ragu.

“Ojek? Gila! Jam 11 malam ini! Bukan siang!”

“Tapi aku serius gak berani antar kamu. Nanti aku pulang dengan siapa? Aku sendiri”

“Masa iya aku ikut turun dan antar kamu lagi? Tambah gila!”

“Intinya aku gak berani naik ke atas dan turun lagi sendiri” dia panik.

“Ya udah, kita pulang lagi aja. Aku ke tempat Amel. Kamu ke Yudis. How?”

“Ok. It’s better.”

Motor pun diputar baliknya.

“Aku mau bilang sesuatu. Kenapa tadi aku gak berani antar kamu”, katanya tiba-tiba setelah agak jauh dari kawasan kampus.

“Apa?”, tanyaku lirih. Masih jengkel dengan apa yang baru saja terjadi.

“Tadi sebelum aku jemput kamu, aku lewat Jembatan Cincin. Di kaca spion aku melihat ada sesuatu yang terbang berwarna putih di belakang. Kutengok, tak ada. Tapi kembali muncul saat aku melihat ke depan, di spion”

Aku diam mendengarkan. Itu yang membuatnya tadi keringatan, malam-malam.

“Terus ketika aku mendengar kamu bilang kamu mencium wangi melati, aku semakin takut, karena aku pun sebenarnya mencium hal yang sama.”

“Hahahahaha” aku tak tahan untuk tidak tertawa.

“Aku serius. Aku takut”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s