Proteksi Diri & Acceptance

Beberapa hari yang lalu saya melakukan proteksi berlebihan pada diri saya. Iyaa, berlebihan, haha.. Tapi bukankah memang seringkali kita terlalu berlebihan dalam proteksi diri? Mencari pembenaran, hehe..

Udahlah, kamu gak usah hubungi aku lagi.


Begitu kira-kira proteksi diri yang saya lakukan, haha.. Bagi saya mungkin ini beralasan, tapi tidak bagi orang lain. Terlebih orang yang kita anggap sebagai ‘ancaman’ tidak sadar atau bahkan tidak tahu apa yang ada di pikiran kita. Yaiyalah, gimana mereka bisa tahu kalau kita gak pernah bilang? S/he isn’t mind reader, is s/he?

Bagi saya yang tidak terbiasa dengan kedekatan antara laki-laki dan perempuan (yang bertujuan) jadinya rada terganggu. Lebay? Mungkin iya. Jadinya ketika ada orang yang (menurut saya) dekat bahkan sampai sudah bercerita banyak, padahal kami just a friend aja, itu adalah satu ancaman buat saya. Iya, kondisi yang membuat saya ‘nyaman’ ini ‘berbahaya’ buat saya. Hmm.. Ribet, ya? Iya, saya sadar itu.

Lalu apakah dengan ‘mengancam’ orang untuk tidak menghubungi atau dekat lagi dengan kita adalah sebuah solusi? Dulu saya mikir iya, tapi setelah refleksi *ceileh akhirnya saya menyimpulkan bahwa ancaman itu jangan dihindari, tapi harus dihadapi. Bagaimana jika pada akhirnya saya ada pada posisi yang saya takutkan? Itu tantangan baru bagaimana saya harus menghadapinya.

Menghindar atau blame to other karena perlakuannya terhadap kita bukan suatu sikap yang bijak yaa. Apalagi kalau pada dasarnya orang yang saya-anggap-mengancam itu memang baik ke setiap orang. Kita tidak bisa mengubah orang, yang bisa dilakukan adalah adjust dengan mereka. Alhamdulillaah saya sadar Ya Allaah.

Oke, pesan untuk pribadi:
“Hadapi saja Ditha!” Acceptance. Acceptance. 😀

Salam,
DC

#1week1writing

Leave a Reply

