Jalan Tanah Merah dan Foto Presiden

Sayang sekali saya lupa men-charge laptop semalam. Belum sampai satu jam laptop sudah mati. Baterainya habis. Kulihat layar ponsel, sepi. Beberapa layanan chatting yang bisa kuakses di desa ini tidak ada notification. Mau browsing pun jaringannya tak mampu. Kulihat ke sekeliling. Hanya ada dua buah foto terpajang di dinding tepat di depanku. Foto bupati dan wakil bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat, tempatku ‘menyedekahkan’ waktu setahunku. Bicara soal dua foto itu, saya jadi teringat obrolan saya dengan seorang guru di sekolah.

“Pak, itu foto Pak Bupati dan Pak Wabup ya?”, tanyaku pada Pak Asep.

“Iya, Bu.. kami bangga karena kami pernah diundang ke rumah dinasnya..”, jawab Pak Asep.

“O, iyaa.. terus mana foto Pak Presiden yang baru, Pak?”, tanyaku kembali.

“Lah, Bu.. mau presidennya Soekarno, Pak Harto, profesor, kyai, Bu Mega, SBY, sampai Jokowi juga jalan ke desa ini masih merah, Buu.. jadi ya nanti saja pasang foto presidennya kalau jalannya sudah bagus..”, jawab Pak Asep santai. Saya hanya tersenyum mendapati jawaban Pak Asep. Mencoba mengerti maksud di setiapkata-katanya. Dan menghela napas panjang.

Sudah 3 kali selama 3 minggu disini saya jatuh dari motor. Untung tidak luka. Jalanan menuju desa penempatanku memang masih sangat memprihatinkan. Masih merah dan berlumpur. Terlebih musim hujan seperi sekarang. Banyak kendaraan sulit melewati jalan itu. Nyangkut, kalau pakai istilah warga sini. Beberapa ruas jalan secara swadaya masyarakat tutup dengan batu dan pasir dari sungai.

Ya sudahlah, untuk masalah jalanan ini saya hanya bisa berdoa semoga foto Presiden segera terpampang di sekolah saya, dan itu artinya jalanan sudah tidak tanah merah lagi.

Salam,

DC

Leave a Reply

