Cewek Vs Cowok

Ini adalah tulisan pertama saya di blog ini, sebenarnya saya pernah memposting tulisan ini di blog lama saya, tapi karena sudah lama sekali tidak pernah dibuka, alhasil saya lupa passwordnya. Tulisan ini saya tulis berdasarkanhasil observasi ditambah beberapa referensi yang pernah saya baca. Judulnya mungkin terbaca provokatif, seolah perempuan dengan laki-laki atau cewek dan cowok itu sesuatu yang berlawanan, berbeda, susah menyatu. Tapi tak dapat dipungkiri yang namanya cewek sama cowok jelas beda, makanya kita (karena saya perempuan, red.) mungkin sering banget “slek” sama cowok karena perbedaan itu. Disini kita akan membahas gimana sih perbedaan antara cewek sama cowok?

Jangan dulu jauh-jauhlah.. kita bahas dulu aja perbedaan cewek-cowok dengan menggunakan 5 indera kita, yang mungkin hal itu juga bisa jadi salah satu penyebab kenapa sih kita, para cewek, sering gak nyambung atau pusing sama sikap cowok. Ok, cikidot!

1. Beda cara ngeliat

Emang ada bedanya ya antara cewek sama cowok dalam cara ngeliat? Kan kita semua dikaruniai Tuhan mata yang sama? Sama-sama mata manusia, bukan mata kucing, mata bola pingpong, mata sapi, dan lain-lain.. atau mata cewek itu sayu, belo, dan mata cowok itu mata keranjang? Ups, hehehe..

Jadi gini maksudnya.. antara cewek sama cowok terdapat perbedaan dalam melihat warna. Di mata pria, yang menonjol adalah warna-warna dasar, kayak merah, biru, kuning, dan hijau, tapi cewek melihat warna dengan lebih rinci, seperti putih tulang, biru laut, biru tua kehijauan, ungu kebiruan, biru dongker, merah marun, hijau buah apel, kuning emas, dll. Nah, makanya buat kalian yang mau dikenal di mata cowok, apalagi pas pertemuan yang pertama, sebaiknya pakai baju warna-warna dasar tadi, atau bisa juga yang dipadukan sama warna netral kayak putih atau hitam.

Terusnya lagi ya, Allan & Barbara Pease, dalma buku Why Men Don’t Lisen and Women Can’t Read Maps, jangkauan mata cewek tuh lebar banget, lebih dari 180 derajat, karena itu cewek bisa melihat sekilas tanpa harus memutar kepala, jadi hanya dengan melihat sekilas aja ya, cewek itu udah mampu melihat “sasaran”! Tapi ya, walaupun cewek mata itu bisa liat sekeliling dengan mudah, pandangan cewek itu “kurang tajam”. Pandangan matanya cenderung “buta arah”. Makanya, kalau cewek hang out bareng temen-temennya, mudah hafal isi mall, cumaaaa… yang mereka hafal itu isinya aja, bukan tata letaknya, jadi kalau ditanya “Dimana sih kamu beli baju itu kemarin?”, jawabannya hampir pasti gini, “pokoknya yaa..di gerai yang deket peralatan baju bayi”. Tapi kalau cowok yaaa.. walaupun jangkauannya sempit, tapi mereka terfokus, kayak terowongan, paling Cuma 45 derajat atau kurang. Makanya, jangan dulu ke-geer-an kalau ada cowok yang liatin kamu mulu, belum tentu dia naksir kamu, mungkin saja tatapan mata yang terfokus itu adalah usaha dia buat mengenali ciri-ciri kamu lebih rinci dibandingkan cewek lain, asyiiiik..

Ada cerita nih.. kalau ada cowok yang curi-curi pandang sama seorang cewek, ternyata si cewek tuh mudah banget tahu dan nangkap apa yang dilakuin tuh cowok, namun kasihannya, hampir kebanyakan cowok gak sadar kalau sebenarnya tingkahnya itu udah ketahuan sama si cewek, kasihan ya? Hehe.. Tapi beda lagi, kalau yang curi pandangnya itu cewek, kayaknya jarang banget cewek yang ketangkap basah lagi curi-curi pandang, padahal ya, berdasarkan hasil survey, cewek tuh curi pandang lebih banyak ke cowok daripada cowok ke cewek. Terus kenapa cewek jarang ketangkep basah? Jawabannya ya tadi, karena jangkauan mata cewek itu lebar, jadi gak usah menggerakan kepala pas liat gebetan.. hehehe..

2. Beda cara dengerin

Tahu film serial TV The Six Millions Dollar Man dan Bionic Woman? Kalau belum tahu, sama seperti saya sebelumnya, coba tanya deh bokap-nyokapnya, hehe.. Film-film itu (katanya) ngetop pada tahun 1980-an, film pertama adalah kisah tentang cowok super yang bermata tajam (bisa melihat gambling dari jauh) dan yang kedua adalah tentang cewek bertelinga super (bisa dengar dari jarak yang sangat jauh). Nah, film itu nunjukin gimana perbedaan antara cewek-cowok, walaupun mata cowok focus, tapi kalau masalah pendengaran, mereka kurang peka, dan cewek walaupun matanya kurang tajam, tapi telinganya peka.

Terus ya, di telinga cowok hanya ada tiga jenis suara, rendah, sedang sama tinggi, kalau cewek beda, lebih terperinci. Kemudian cara cewek sama cowok ngedenger juga hampir sama dengan cara meliat, kita (para cewek) pendengarannya melebar. Makanya kita bisa mendengarkan lebih dari satu hal dalam satu waktu, misalnya nih ya, kita bisa teleponan sambil dengerin TV, kalau besok ditanya tentang acara TV, kebanyakan dari kita tahu dan bisa jawab. Beda lagi sama cowok, kalau lagi teleponan, ya sudah, suara TV atau radio, pasti dikecilin dulu.

Karena cara kita ngedengerin melebar, makanya kalau ngomong kita suka mengait-ngaitkan dengan berbagai hal, belok kanan-kiri dulu. Tapi kalau cowok, karena cara mereka mendengarkan itu terfokus, makanya kalau ngomong ya langsung to the point. Nah, disini nih yang sering terjadi slek antara cewek sama cowok. Cowok cenderung suka yang langsung intinya, gak bertele-tele, sedangkan cewek suka ada kata pembuka dulu, kemana dulu ngarahin, dll., makanya kalau ngomong sama cowok, mesti jelas dulu kita mau ngomong apa, mau minta solusi kah, atau hanya ingin disimak saja, karena sifat cowok biasanya ingin segera tahu tentang apa yang terjadi berikutnya. Terus juga kalau cowok yang ngomong, kita mesti tahan untuk tidak memotong atau menyela pas dia ngomong, biarkan saja dia menyelesaikan dulu apa yang mau dia bilang, karena itu tadi, mereka selalu ingin terfokus, kalau kita potong, kan jadi kepisah, hehe..

Ekspresi yang ditunjukan antara cewek sama cowok ketika mendengar juga berbeda. Kalau cewek lagi dengerin, dia akan memasang ekspresi yang berbeda, seneng, sedih, kaget, dan segala macam ekspresi lain, seolah kita pernah mengalami apa yang terjadi sama si pembicara, padahal belum tentu, tapi kalau cowok, mereka cenderung memasang ekspresi yang datar, sama, seolah kayak yang gak ngedengerin, itu karena cowok lebih terfokus pada pemaknaan kata-kata yang didengarnya.

3. Indera Pencium Bau

Indera penciuman cowok berbeda dengan indera mata dan telinganya. Untuk masalah penciuman, cowok cukup kuat, namun sayangnya mereka agak kurang mampu mengidentifikasi aroma yang berbeda, misalnya membedakan aneka wangi -wangian.

4. Indera Pengecap Rasa

Sebagai manusia normal, kita mengenal lima rasa, manis, asam, pahit, asin dan pedas. Untuk bedain rasa manis dan asem, cewek jagonya.. tapi kalau rasa asin sama pahit, cowok ahlinya. Makanya kalau masak bareng, gampang deh pembagian perannya, biar masakan kita enak, hemm..

Makanya cewek pada umumnya gandrung banget sama yang namanya cokelat, apalagi kalau lagi stress, akan jauh lebih memilih cokelat atau makanan yang manis-manis. Tapi bukan berarti cowok juga gak suka sama cokelat atau makanan lain yang manis, hanya saja mereka akan lebih memilih makanan yang rasanya “nano-nano”, apalagi kalau masakan orang yang spesial, hehehe..

5. Indera Peraba

Sejak lahir, anak perempuan lebih peka terhadap sentuhan dari pada anak laki-laki. Setelah dewasa pun begitu, malah kulit cewek yang paling gak sensitive pun akan jauh lebih peka dibandingkan cowok yang paling peka. Kok bisa ya? Iya, karena permukaan kulit cewek lebih tipis, sehingga saraf-saraf dibalik kulitnya akan bekerja lebih optimal. Makanya cewek lebih seneng menyentuh ketika temannya perlu sandaran. Cewek juga sangat sensitive jika disentuh ketika sedang berada dalam stress, beda lagi sama cowok, ketika sedang stress, cowok akan sangat terganggu dengan sentuhan. Cewek juga lebih sensitive dan peka dalam membedakan setiap jenis sentuhan, mana sentuhan yang simpatik atau sentuhan yang aneh-aneh, nah kadang-kadang ini juga suka jadi masalah buat cowok, mereka bingung, kalau nyentuh takutnya para cewek mikir yang macam-macam, padahal ya cewek bisa membedakan mana sentuhan yang bersifat simpatik atau sentuhan yang ke arah “nggak-nggak”.

Well, semua panca indera sudah disebutkan yaa.. lain kali kita bahas lagi dari perspektif lain, doain dapat sumber yang lebih lengkap dan ada waktu yaa.. 😉

Men vs Women

 (Sumber: berbagai macam sumber)

Salam,

DC

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s